====>>>>TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA SEMOGA BISA MEMBANTU<<<<<=====

Rabu, 13 Juni 2012

KATA-KATA POPULER KABUPATEN POSO

Salam Blogger...........!!!!!!!!!
g mna kabarnya smua...??? sehat2 ajha kan...???
smoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT,,, amieennn...




postingan kali ini emang agak-agak aneh nihhh,,,,, orang lain lagi bahas politik, pendidikan,ekonomi dll,, ni yang diangkat istilah-istilah paling populer di kabupaten poso,, agak gila kan sobat blogger...????
postingan ini juga diinspirasi oleh sobat saya Miss Eka.
hehehhehehehh... tapi ngga pa2 lah, namanya juga ni lagi ngga ada kerjaan, yah mending cri kesibukan...
dari pada basa basi, mending langsung ajha yah....??
cekkoooootttt......




  • biasa jow lee ...
bagi sobat yang sekarang berada di sekitaran wilayah kabupaten poso pasti sudah akrab dengan bahasa diatas...
kata biassa jow lee ni mungkin masuk golongan frase kali yah,,,, tapi kamus mana pun ngga bakalan sobat temukan kata diatas tadi....hehehhehe......kata ini udah mulai digunakan di penghujung tahun 2010 namun mulai naik daun pada tahun 2011(heheh kayak artis ajah naik daun),, kata ini sering dan bahkan sudah jadi konsumsi sehari-hari para muda dan mudi poso kepada teman atau lawan bicaranya yang terkesan over terhadap apa yang dibicarakan atau dikatakan, kalau bahasa inggrisnya sihh slow. cuman diganti ajha menjadi biasa joww leee...saking kreatifnya nihh sobat, kata diatas dimodifikasi lagi menjadi Acha-acha jow leee,,,.
hahahaahah..... kreatif kan sobb....tapi siapa dan dimana kata ini mulai muncul saya kurang tahu,,,sampai sekarang penggunaan kata ini masih tetap terjaga kepopulerannya.....hahahaahhaha biasa joww leee iyannnnn....

  • harrat saaajaaa..
nah kata yang satu ini palingg menjengkelkan,,,,,kata ini mengandung arti bercanda, atau dalam bahasa tanah kelahiran saya sihhhh  just Kidding..(HEheheh,Harat saaajaaa),, kata ini mulai populer pada akhir tahun 2011, kapan mulai munculnya saya kagak tahu, tapi yang jelas kata ini masih belum ekspayer dan tetap awet digunakan oleh pemuda serta remaja-remaja yang ada diwilayah kabupaten Poso bahkan di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah (PALU). 
contoh nihh sobat...
iyan      : eh cigo kita liat tadi nga pe pacar jalan deng laki-laki lain
cigo     : bah yang betul ini yan,, awas memang nga ba bohong eeee...??
iyan     :   hahahhaha..... harrraaaatttt sajjjaaa....

hehehhe nyambung kan sob...????  biasa joww iyan...

  • Rajjal/Harim
kata yang satu ini sih menunjukkan jenis kelamin, atau gender,, kata rajjal di peruntukkan kepada laki-laki, dan kata  Harim peruntukkan perempuan, 

  • ajus / sebe
nah yang satu ini hampir sama kata yang di atas,, hanya ini lebih dikhususkan untuk orang Tua atau Parents,,
ajus untuk orqang tua perempuan dan Sebe Untuk orang tua laki-laki,
hehehhe aneh yah pemuda-pemuda poso,, '

  • galau
nah yang satu ini udah ngga asing lagii,,,,.. semua menggalau ria kiat liat distatus-status jejaring sosial baik itu FB, atau Twiter smuanya berstatus GALAU,,.. yg jomblo galau..yg skripsinya gak kelar-kelar juga galau.. kayaknya tiada hari dan tiada orang yg tak Galau... siapakah yg menggunakan istilah galau ini pertama kali?? kalau saya sih mengenal galau-galau ini dari twitter.
adalah mas arif poconggg yg hobi banget membuat penggalauan massal bagi kaum jomblowan dan jomlowati.. si pocong gaul nan galau ini akhirnya sukses menerbitkan sebuah buku, yg OMG gak usah ditanya tingkat kepopuleran PJP tersebut alias Pocong Juga Pocong..


  • WOWW

Ungkapan TERUS GW HARUS BILANG WOW GITU  ??? Menyebar bak virus n cendawan di musim hujan. Yang tadinya hanya bahasa para ABG Alay (Anak Lebay), sekarang merambah juga ke segmen orang dewasa, bahkan kelompok profesi sekalipun. Ungkapan tersebut biasa disampaikan seseorang dalam kondisi merajuk karena menjadi Pecundang/Losser dan berat untuk mengakui kelebihan rivalnya.
Dan rupanya mewabahnya ungkapan ini didukung oleh larisnya sebuah sinetron seri remaja (baca: ABG Alay) di RCTI dengan judul YANG MASiH DI BAWAH UMUR. Seorang tokoh antagonis yang bernama Cherry (diperankan oleh Natasha Wilona) sering mengungkapkan TERUS GW HARUS BILANG WOW GITU  ???  Biasanya terlontar dari mulut Cherry pada saat dikalahkan oleh rivalnya, si manis Tiara. Karena pembawaan Cherry yang jutek tapi punya tampang cute dan sinetron ini demikian digemari kalangan anak-anak (apalagi Alay), tdk heran ungkapan ini jadi cepat tenar. 

ok sobat blogger,, kayaknya sampai disini dlu aksi coret-coret,,,
sebenarnya masih banyak kata-kata paling populer di wilayah kabupaten Poso nii,, apalagi nama-nama daerahnya,,, gila bannggeettzz githu lohh,,,sampai-sampai nama-nama negara udah disini smua, misalnya ni yah sobat blogger,,, Rarononcu udah dirubah RRC,  Tokorondo menjelma jadi TOKYO,,dll...
gila kan sobat blogger..heheehehhe

yang jelas di tiap-tiap daerah pasti punya singkatan-singkatan atau kata-kata populer,,
kita tunngu ajha kata-kata populer apalagi yang akan muncull,,,
gi mana dengan di daerahmu.....???
Wss.. Salam Blogger.




1 komentar:

  1. hahhhahahhha...
    mantap sodara....
    nga bekeng lagi ba gitu eeee...???
    wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus

TARNSLATE