Muh. Ikhwan.K
1.
Pengertian
Rencana pelaksanaan
pembelajaran merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian
pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar (KD) yang diterapkan dalam
standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
Lingkup rencana
pembelajaran paling luas mencangkup 1 kompetensi dasar yang terdiri atas 1
indikator atau beberapa indicator untuk 1 kali pertemuan atau lebih.
2.
Komponen-Komponen RPP
a.
Identitas Mata Pelajaran
Meliputi satuan pendidikan,
kelas , semester, program keahlian, tema pelajarn atau mata pelajaran.
b.
Standar
Kompetensi
Merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan pengetahuan, sikap, dan
keterampilan.
c.
Kompetensi Dasar
Sejumlah kemampuan yang
harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan
penyusunan indicator kompetensi dalam suatu pelajaran.
d.
Indicator
Pencapaian Kompetensi
Prilaku yang dapat
diukur dan diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran
e.
Tujuan
Pembelajaran
Menggambarkan proses
dan hasil belajar yang diharapkan dan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensi dasar.
f.
Materi Ajar
Memuat fakta konsep,
prisip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam butir-butir sesuai dengan
rumusan indoikator pencapaian kompetensi.
g.
Alokasi Waktu
Ditentukan dengan
sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
h.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran
digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik mencapai KD yang telah ditetapkan. Pemilihan metode
disesuaikan dengansituasi dan kondisi peserta didik.
i.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø Pendahuluan
Awal dalam suatu
kegiatan atau pertemuan yang ditunjukan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpastisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
Ø Inti
Proses pembelajaran
untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif,
menyenangkan, menantang,dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang
yang cukup bagi kreatifitasnya dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan
perkembangannya. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis melalui proses
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Ø Penutup
Merupakan kegiatan yang
dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam
bentuk rangkuman atau kesimpulan.
j.
Penilaian Hasil
Belajar
Prosedur dan instrument
penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indicator pencapaian
kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.
k.
Sumber belajar
Penentuan sumber
belajar didasarkan kepada standar kompetensi dasar serta materi ajar, kegiatan
pembelajarn dan indicator pencapaian kompetensi.
3.
Prinsip Penyusunan RPP.
1.
Memperhatikan
Perbedaan Individu Peserta Didik
RPP disusun dengan
memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual,
minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai,
dan/atau lingkungan peserta didik.
2.
Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3.
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan
4.
Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan,
pengayaan, dan remedi.
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan,
pengayaan, dan remedi.
5.
Keterkaitan
dan keterpaduan
RPP
disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP
disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata
pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
6.
Menerapkan
teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi